Langsung ke konten utama

Cara Dasar Desain Grafis Untuk Pemula

Bagaimana Membuat Desain grafis ? Hai Sahabat semuanya semoga dalam keadaan sehat ya, oh ia apakah disini ada yang suka dengan desain atau pernah membuat desain langsung misalnya kartu nama, undangan, name tag, brosur, poster, spanduk atau apapun yang menurut sahabat semuanya menjadi sebuah karya seni yang indah, baik itu tugas dari sekolah, kampus, tempat kursus atau kalian ada yang mahir membuat desain grafis. Baik kalau di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai arti desain grafis, sekarang akan membahas cara dasar desain grafis untuk pemula. Ok sekarang akan jawab mengenai bagaimana membuat desain. Banyak cara untuk melakukan hal tersebut, bisa menggunakan alat bantu berupa kertas, pc, laptop, hand phone, dll, tapi yang paling penting dan pertama harus punya ide yang tepat, agar tujuannya jelas dalam membuat desain supaya pesan yang ingin disampaikan dimengerti konsumen, berikut dibawah ini merupakan hasil desain grafis berupa brosur :


Cara Dasar Desain Grafis Untuk Pemula Image


cara dasar desain grafis untuk pemula

Langkah Awal Membuat Desain Grafis


Sahabat semua kira - kira apa ya hal dasar untuk membuat desain grafis? baik saya akan jawab sendiri deh, jadi ketika sahabat semua ingin membuat desain grafis harus mempunyai ide, supaya hasilnya dapat dinikmati dan mudah dimengerti konsumen. Ya betul sekali ide merupakan hal yang penting untuk menghasilkan sebuah desain, karena dengan ide semuanya akan tersusun rapi langkah - langkah pengerjaanya sehingga mudah dikerjakan dan pesan yang ingin disampaikan tercapai. Setelah ide didapat barulah mulai membuat desain grafis sesuai kemampuan dengan mengguakan alat bantu perangkat lunak desain grafis atau dalam coretan kertaspun jadi desain. 


Metode Pembuatan Desain

Sahabat semua gimana kalau mau buat desain kira - kira langsung menggunakan komputer atau buat konsep dulu di kertas, Sebagian orang tergesa - gesa langsung membuat desain di komputer. Sebetulnya tidak masalah langsung mengerjakan di komputer asal konsep dan idenya sudah jelas, namun alangkah baiknya biasakan menggambarkan konsep rancangannya dalam kertas, tapi zaman now sudah ada hardwarenya yaitu graphics drawing tablet disini kita bisa langung buat rancangan desain layaknya menggambarkan ide di kertas. 

Cara Dasar Desain Grafis Untuk Pemula - graphics drawing tablet image

cara desain grafis untuk pemula - graphics drawing tablet

Zaman sudah berubah perkembangan teknologi dari perangkat keras & perangkat lunak desain grafis banyak sekali untuk membantu para desainer grafis dalam berkarya. Jadi tingal dipilih mau pake kertas atau langsung di graphics drawing tablet, baik disini akan coba jelaskan rinician apa saja sih metode pembuatan desain : 
  1. Analisis kebutuhan desain, ini merupakan hal yang penting ketika sahabat semua ingin membuat desain, harus diketahui apa kebutuhannya kepada siapa pesan yang akan disampaikan. Banyak cara untuk memnuhi analisis kebutuhan desain, mulai dari wawancara, survei, atau mengumpulkan fakta-fakta dari semua tempat, sehingga jadi ide buat sahabat desainer. 
  2. Deskripsikan hasil analisis kebutuhan desain menjadi rancangan, mulai dari mementukan tema, target penerima pesan, warna yang dibutuhkan, media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan dari desain grafis. 
  3. Melakukan uji coba desain, sehingga jika ada ketidakcocokan masih bisa diperbaiki sesuai tingkat kreativitas sahabat desainer, sebelum di implementasikan. Kemudian tanyakan ke orang lain untuk menilai apakah masih ada kekurangnnya dari hasil uji coba tersebut. 
  4. implementasikan desain menggunakan alat bantu desain grafis dengan berbagai perangkat lunak atau perangkat keras yang sudah banyak dijual di pasaran. Sesuaikan dengan kemmapuan sampai sahabat semua dalam berkreatifitas membuat desain grafis, sehingga hasilnya sesuai dengan kebutuhan. 


Alat yang dibutuhkan untuk desain grafis, dizaman modern ini berbagai alat bantu desain sangat banyak menolong para desain grafis, baik perangkat keras atau perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan desainer grafis yaitu handphone, tablet, graphics drawing tablet dll, adapun perangkat lunak yang biasa digunakan diantaranya yang ramai digunakan yaitu Adobe illustrator, Correl Draw, Adobe Photoshop, Baik itulah tulisan kali ini semoga banyak membantu teman teman yang ingin belajar desain grafis. Berikut salah satu alat yang dibutuhkan untuk desain grafis :


Alat yang digunakan untuk desain grafis image
 alat yang digunakan untuk desain grafis





 --Sukses Bersama--

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal fungsi-fungsi tools pada adobe illustrator

Hallo sahabat desain, semoga kabarnya sehat, baik dalam artikel kali ini saya akan sedikit membahas fungsi-fungsi tools yang dimiliki Adobe Illustrator atau biasa disebut toolbox. saya harap sahabat desain bisa membaca dengan teliti artikel ini karena sangat penting untuk sahabat desain yang serius ingin menekuni dunia desain grafis dengan menggunakan Adobe Illustrator . Jadi harus tahu fungsi-fungsi tools pada  Adobe Illustrator , pepatah mengatakan seperti ini "tak kenal maka tak sayang" , sama dalam desain grafis juga jika sahabat desain tak kenal fungsi tolls  Adobe Illustrator ya jangan berharap lebih bisa menggunakanannya. Makanya biar lancar belajar desain grafisnya cari tahu dulu fungsi-fungsi tools  Adobe Illustrator, biar mepermudah desain grafisnya. Fungsi tools / tolbox adobe Ilustrator ?  Tools / toolbox merupakan bagian terpenting dalam adobe illustrator, fungsinya untuk membantu desainer dalam menambah , mengurangi objek , serta memodifikasi pekerjaan

Adobe Illustrator Untuk Pemula

Apa itu Adobe Illustrator ?  Hallo senang sekali bisa bertemu kembali dengan sahabat desain, semoga kabarnya sehat serta diberikan kelancaran dalam setiap aktivitasnya, Aamiin. Dalam artikel kali ini akan membahas Adobe Illustrator secara sederhana agar mudah dimengerti. Adobe Illustrator merupakan perangkat lunak pengolah desain grafis untuk menggambar logo, ilustrasi, kartun, kartu nama dll, gambar yang dihasilkan biasanya berjenis vector, sehingga gambar yang dihasilkan memiliki resolusi yang baik.  Langkah Awal Meggunakan Adobe Illustrator.  Kalau mau fokus menggunakan Adobe Illustrator siapkan perangkat perlengkapannya seperti Laptop atau PC, kemudian install, baik setelah diinstal selanjutnya pelajari dasar  menu   dan  fungsi-fungsi tol box yang disediakan Adobe Illustrator . Berikut gambar di bawah merupakan tampilan halaman kerja Adobe Illustrator :  adobe illustrator untuk pemula.jpg Menu Bar merupakan menu yang menyediakan fasilitas untuk meng